Loading Gitu Lho....

Selasa, 19 November 2013

TEKNIK-TEKNIK DALAM BERMAIN GITAR

Teknik dan Cara Mutting Gitar (Palm-Mutting)


Teknik muting (mematikan suara) setelah kita memainkan satu not ke not berikutnya adalah hal yang jarang sekali di perhatikan. Tak heran kenapa orang bule lebih bisa main bersih ketimbang orang Indo karena malasah pada teknik yang sering di sebut "Palm-Muting" ini. Pada dasarnya kelihatan sangat mudah dan simple namun untuk prakteknya saya rasa butuh waktu yang relatif lama. Saya sendiri belum bisa menggunakannya dengan baik hehee...makanya mainnya masih aja keliatan kotor.


Cara muting ada beberapa bentuk :
  1. Dengan menggunakan sisi telapak tangan kanan. (Seperti gambar di atas)
    Cara ini banyak di gunakan para master gitar seperti Yngwie
     dan Paul gilbert.
               
  1. Menggunakan jari tangan kiri.
    Yaitu seletah kita menekan satu nada tidak mengangkat jari terlalu tinggi, kalo bisa jari masih agak nempel saat kita memainkan nada berikutnya.

3.      Dengan ibu jari tangan kanan.
Logikanya senar yang kita tekan akan lebih rendah (lebih deket sama fretboard) dari senar yang tidak kita tekan. Jadi Ibu jari mengambil alih atas picking yang kita gunakan.

  1. Dengan kain atau apa saja yang bisa meredam suara senar.
    Caranya di ikatkan di ujung fret dekat fret pertama. Cara ini mungkin adalah cara yang paling mudah namun kelemahannya kita tidak bisa main dengan senar lepas karena tentu senar lepas akan teredam juga akibat kain tadi. Tapi jika kita yakin tidak perlu menggunakan senar lepas maka gunakan saja cara ini di jamin bersih gak ada tuh gaung
    -gaung aneh heheee. Andy James sering menggunakan cara ini.



Membuat Suara Gajah Dengan Gitar
Teknik  suara gajah konon dipopulerkan oleh Eddie Van Halen.
Herman Li (gitaris DragonForce) juga sering menggunakan teknik ini sebagai "Game Sounds" yaitu suara yang mirip dengan suara pada game.
Teknik ini sangat sederhana.Hanya membutuhkan Gitar Elektrik yg dilengkapi dengan Whammy Bar.Sebuah ampli dipilih dalam channel OD.Sebaiknya gunakan ujung pick yang tumpul.

Cara memainkan:
1. Matikan master volume di gitar

2.Mainkan natural harmonik secara berturut dari: Senar 3 fret 5, Senar 2 fret 7, dan Senar 1 
   fret 12.

3.Tekan handle whammy bar dengan tangan kiri.

4. Buka master volume gitar dengan tangan kanan sambil melonggarkan tekanan whammy 
 bar pada tangan kiri.


Hard Fingering-Ekstrem Style Fingering
Sebenarnya istilah "Hard Fingering" adalah istilah yang saya ciptakan sendiri karena latihan senam jari ini sangat berat (hard) menurut saya dari pada senam jari biasa. Karena kita harus menggunakan karet gelang (karet yang biasa buat bungkus nasi) untuk di ikatkan ke jari anda.

Lohhh....apa gunanya, apa tidak berbahaya? menurut saya latihan ini memang lebih di khususkan untuk yang sudah tahap berkembang. Jadi, ini sangat berguna agar jari-jari kita semakin kuat dan mampu menjangkau fretboard gitar
 maupun tut keyboard dengan maksimal.

Caranya adalah kita ambil 1 karet dan ikatkan ke semua jari (kecuali ibu jari) dengan melingkarkan karet ke masing-masing jari kita membentuk angka 8 jika dari telunjut ke jari tengah dan begitu seterusnya. Namun jangan juga terlalu memaksakan atau terlalu lama dalam berlatih menggunakan cara ini, karena mungkin saja syaraf tangan kita tidak kuat menahan tarikan karet terlalu lama.

Lakukanlah secara kontinyu tiap hari maksimal 15 menit saja, kalau terlalu lama saya tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi dengan jari anda. Saya sendiri sering latihan dengan menggunakan cara ini dan hasil yang saya rasakan adalah jari saya terasa lebihbertenaga dan lebih lincah saat karet tersebut di buka.

Sesudah beberapa minggu cobalah beri spasi (telunju
k di fret pertama, tengah di fret ke tiga dan seterusnya), mungkin ini sangat berat tapi bentangan jari sangat di butuhkan jika anda suka dengan permainan chord-chord yang difficult seperti akord-akord dalam musik jazz. Anda juga bisa menambah karet menjadi dua atau tiga jika di rasa satu karet sudah mudah bagi anda.

Sekian dari saya semoga artikel ini menginspirasi anda untuk berlatih hard fingering seperti yang sudah saya terangkan di atas. 
Saya tidak bermaksud menggurui hanya berniat berbagi apa yang saya tau.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates